Tempat Wisata Air Paling Asyik di Gunungkidul

Salah satu kabupaten di provinsi Yogyakarta ini, dulunya daerah yang sangat terkenal dengan kekeringan. Tapi, sebenarnya daerah ini tidak sepenuhnya daerah gersang, karena daerah ini memiliki debit air yang sangat tinggi namun di bawah tanah dan sangat dalam. Sekretaris Eksekutif Asia Pasific Centre for Ecohydrology (APCE) - UNESCO, Dr Ignasius Sutopo pernah mengatakan,di Gunungkidul, potensi air tanah dalamnya sangat banyak. "Selama ini belum dieksplor secara menyeluruh,” ucap Sutopo yang juga peneliti senior LIPI saat ditemui di Biro UHP Setda DIY, Selasa (10/11/2015).(sumber: tribunnews.com). Dengan fakta tersebut maka banyak sekali memunculkan fenomena alam yaitu sungai bawah tanah, atau gua yang penuh dengan sumber air, dan sebagainya, sehingga banyak memunculkan juga wisata air selain pantai di daerah yang terkenal gersang dulunya.
Nah, pada artikel ini ardigk.com akan membahas mengenai wisata air di gunungkidul yang sangat pas untuk berlibur maupun meluangkan waktu untuk berkunjung ke sini. Siap berbasah ria?

GOA Pindul
Siapa yang belum pernah mendengar obyek wisata gua yang satu ini? Sejak dibuka untuk umum, Gua Pindul langsung menjadi favorit pelancong untuk  berwisata di Gunungkidul. Selain itu Gua ini juga terkenal dengan berbagai kontroversinya juga. Gua yang berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo ini buka dari dari Senin hingga Sabtu pukul 07:00 – 18:00. 
Sumber Foto : http://www.yogya-backpacker.com
Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu normal 40-60 menit. Durasi waktu tergantung situasi, kondisi dan keinginan pengunjung/kelompok masing-masing. Lebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter. Kalau menurut ardigk.com pribadi Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Pindul adalah saat musim kemarau dan pada hari kerja karena dipastikan pengunjung tidak banyak.

GOA JOMBLANG
Karst memang identik dengan Gunungkidul, terdapat ratusan gua pegunungan karst yang sebagiannya mulai dijadikan obyek untuk berwisata. Salah satunya adalah Goa Jomblang yang berada di Jetis Wetan, Semanu. Ada beberapa jalur alternatif yang bisa kamu pilih untuk memasuki gua ini.
Sumber Foto : hipwee.com
Nah, kebetulan penulis Anggota Mapala jadinya waktu masuk ke gua ini menggunakan Single Rope Technique  (SRT), dan bagi yang suka adrenalin tidak salah untuk mencoba jalur ini.
Sesampainya di dasar Gua, kamu bisa meneruskan trekking menuju Gua Grubug (zona kedua). Di tempat ini, kamu akan melihat cantiknya sinar matahari menerobos stalaktit dan stalakmit, sehingga bentuknya terlihat seperti tiang kokoh. Gua ini juga termasuk favorit karena adanya aliran sungai  bawah tanah dengan berbagai variasi kedalaman. Yang pasti kamu diwajibkan pakai pelampung kalau masuk Gua ini.

Cave Tubing Kali Suci
Setelah puas menaklukkan jalur ekstrem dan berfoto di Goa Jombang, kamu bisa menuju obyek wisata ini yang tidak jauh dari Goa Jomblang. Di sini, kamu akan menikmati cave tubing sambil menikmati pemandangan gua dan menyusuri sungai yang tentu akan membuat liburan semakin berkesan.
Sumber Foto : http://www.lombokpost.net

Untuk berwisata kesini seperti sebelumnya ardigk.com menyarankan kalau kesini bukan pas weekend, karena kalau weekend pengunjung akan membludak banyak sekali. Sekaligus sebelum kamu berlibur kesini kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu, karena biasanya kalau musim penghujan dan debet air tinggi pasti akan ditutup.

Air Terjun Sri Getuk
Berada di tepi aliran Sungai Oyo yang masih asri, di tempat wisata ini terdapat air terjun setinggi kurang lebih 25 meter bernama Air Terjun Sri Gethuk. Untuk menikmati wisata yang terletak di daerah Playen ini wisatawan bisa melewati dua jalur setelah dari parkir kendaraan, yang pertama menggunakan rakit atau berjalan kaki yang tidak terlalu jauh.
Sumber Foto : http://piknikasik.com/

Pemandangan yang kita dapatkan di sini, Tak hanya melihat air terjun, kamu juga akan menyaksikan tebing-tebing kapur yang indah dan dibarengi suasana sejuk karena pepohonan yang rindang. Seperti wisata air yang sebelumnya, waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah saat musim kemarau, dimana debet air tenang dan berwarna kebiruan jernih.
Sumber Foto : http://sewamotordijogja.com

Sebenarnya masih banyak lagi wisata air yang belum ardigk.com sebutkan, semisal wisata pantai-pantai. Pantai sudah menjadi image tersendiri bahwa Gunungkidul adalah daerah dengan wisata pantai yang sangat indah  seperti Pantai Kukup, Pantai Siung yang terkenal surga bagi para pemanjat tebing, pantai Jogan yang terkenal dengan air terjun yang langsung menuju laut, pantai sepanjang yang terkenal dengan garis pantai yang indah.Selain itu juga masih ada lagi wisata embung, seperti embung langgeran, embung ...... dan masih banyak lagi. Di balik karakteristik alam yang dikenal dengan daerah berkapur dan dulu juga dikenal dengan daerah yang kering bahkan dianggap kekeringa karena merupakan bagian dari pegunungan karst, namun faktanya Gunungkidul menyimpan sejuta pesona wisata air dan daeraha pesisir pantai selatan yang menanti para wisataan untuk berkunjung. Menurut ardigk.com, berwisata air di Gunungkidul pun bisa menjadi pilihan utama dan pasti mengasyikan bagi kamu untuk menutup liburan sempurna atau kunjungan wisata selama berada di Jogja.










0 Response to "Tempat Wisata Air Paling Asyik di Gunungkidul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel