Google hilangkan Tombol "View Image" dari Hasil Googling, Sudah ada yang merasa kesulitan?

Sudahkah teman-teman AGK sudah merasakan ada yang aneh dari Google, yang mau download gambar tapi view image sudah tidak ada? Pada Jumat, 16 Februari kemarin, Google tiba-tiba menghilangkan tombol “view image” dari fitur pencarian gambar Google Images.
Sumber : https://www.tripsavvy.com

Buat teman-teman yang sering browsing image lewat Google pasti kesulitan, karena tombol tersebut memungkinkan untuk mengunduh gambar tanpa beranjak dari laman pencarian alias tidak perlu mengunjungi situs pemuat gambar yang akan diunduh. Dengan hilangnya “View Image” berarti ketika kita akan mengunduh gambar harus menekan tombol ‘Visit’ sehingga harus masuk ke situs penyedia gambar.

 “Kami meluncurkan beberapa perubahan di Google Images untuk bantu menghubungkan pengguna dengan situs yang berguna,” kicau Google dalam sebuah tweet di Twitter.
“Ini termasuk menghapus tombol View Image. Tombol Visit tetap ada, jadi pengguna bisa melihat gambar dalam konteks situs yang memuatnya,” lanjut Google.

Tentu keputusan banyak menimbulkan protes dari warganet yang pastinya merasa kalau proses pencarian Google makin ribet hal ini juga AGK alami. Nah, terkadang kalau ga beruntung nih, konten di sebuah situs web bisa saja berubah dan tak lagi memuat gambar seperti yang muncul dalam hasil pencarian Google Image Search. Nasib-nasib

Faktanya Google

Ternyata sang raksasa internet ini dan penyandang situs tertinggi paling diakses ini meneken perjanjian dengan agen penyedia stock photo Getty Images yang pada 2016 mengajukan gugatan anti-trust atas Google ke Komisi Eropa. Fitur search dari sang Google ini membuat kebanyakan warganet mendownload gambar dan digunakan untuk kepentingan tertentu sehingga memakai gambar tanpa izin atau atribusi kepada pemiliknya, termasuk Getty Images.


Akhirnya setelah muncul masalah tersebut, Google pun mengumumkan kerjasama dengan Getty Images awal bulan Februari 2018 ini. Getty Images yang menggugat Google pun, bersedia mencabutnya lalu melisensikan semua konten miliknya untuk dipakai di produk dan layanan Google, dan syaratnya yang sudah kita rasakan saat ini yaitu, Google mesti menghapus tombol “View  Image” tadi.
 “Untuk yang bertanya, betul bahwa perubahan-perubahan ini dalam rangka penyelesaian kami dengan Getty Images,” sebut Google dalam sebuah pernyataan, Sumber Kompas Tekno merangkum dari BBC, Minggu (18/2/2018).

“Langkah ini didesain untuk menyeimbangkan antara kebutuhan pengguna dengan kekhawatiran pemilik konten. Kami menghargai keduanya,” lanjut Google.

Tetapi search engine selain google seperti Bing dan DuckDuckGo masih ada tombol “View  Image”. Nah, bagi kamu yang ingi tetap bertahan di layar/tab Google masih bisa dengan cara menggunakan Preview di Google Image Search yaitu dengan menggunakan klik kanan dan pilih opsi “Open image in new tab” untuk membuka gambar dengan layar/tab terpisah dengan tautan langsung dan ukuran aslinya apabila tersedia.

Nah buat teman-teman semua dan AGK sendiri mari usahakan dan wajib sertakan setiap gambar dengan Source originalnya ya, untuk menghargai pembuat karyanya.

Original Source : http://tekno.kompas.com
jangan lupa komen, like dan subscribe Ardigk.com ya

0 Response to "Google hilangkan Tombol "View Image" dari Hasil Googling, Sudah ada yang merasa kesulitan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel