Menjadi Mahasiswa Anti Mainstream

Mahasiswa Keren anti Mainstream sumber foto : https://si.wsj.net

Kuliah, menjadi seorang mahasiswa setiap orang pasti punya style sendiri dalam menjalaninya.  Ada yang menjadi mahasiswa “kupu-kupu” alias kuliah-pulang diulang lagi kuliah-pulang, ada yang aktif organisasi bahkan ada juga aktif bergorganisasi sampai lupa kuliah wah jangan sampai deh.  Mahasiswa adalah jenjang dimana sebentar lagi kamu akan menghadapi dunia yang lebih nyata, jadi ketika kamu tidak memanfaatkan momen ini dengan sebaik mungkin dipastikan akan merugi.
Menjadi mahasiswa yang mainstream atau dalam artian hanya kuliah-kuliah saja tentu akan membuatmu tidak berkembang, hal ini juga akan membuat mu menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja. Berikut di artikel ini semoga membantu kamu menjadi mahasiswa yang anti mainstream, dan bisa menambah skill-skill untuk menunjang masa depan setelah tidak berstatus mahasiswa.

Mengikuti kegiatan Pembentukan Soft Skill/Non Akademik
meningkatkan softskill sumber foto : http://atozpathsala.com

Kegiatan soft skill disini bisa banyak Hal, dan manfaatnya ketika kita mengikuti kegiatan-non akademik di kampus. Seperti mengikuti organisasi-organisasi internal kampus seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau Senat Mahasiswa. Mengikuti organisasi akan menambah wawasanmu, menambah relasi dengan teman lintas jurusan, bahkan semisal kamu mengikuti kegiatan UKM minat khsus seperti olahraga, MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alama) dan lain-lain akan membuatmu bisa berprestasi di bidang non akademik. Syukur-syukur bisa membuat dapat jodoh di organisasi. Nah loh.
Kegiatan Outdoor untuk mengasah skill non akademik Sumber foto : IG : mohammad_ardiyanto

Menguasai Materi Perkuliahan

Belajar untuk menguasai materi perkuliahan Sumber foto : https://img.okeinfo.net/
Memang tidak semua manusia diciptakan mampu menguasai semua hal, tetapi bukan berarti kita tidak diberi kemampuan untuk belajar bukan?? Sebaiknya gunakan kemampuan terbaik mu untuk mempelajari setiap materi kuliah yang ada di jurusanmu, dengan begitu kamu akan menjadi mahasiswa yang tidak hanya datang, kerjakan/dengarkan, kemudian lupakan. Kalau begitu membuatmu rugi kuliah. Hal simple yang bisa ditunjukan yaitu dengan cara presentasi di depan kelas, jangan hanya membaca slide saja tapi buat poin-poin penting saja, kemudian jabarkan materi dari poin tersebut tentu dengan begini kamu harus menguasai materi bukan?

Anti Asal Copas dan Mencontek
Budayakan Jujur jangna mencontek sumber foto : http://campusnooz.com

Kita memang harus berterima kasih dengan Larry Tesler, beliau mungkin bisa dianggap pahlawan karena penemu fitu Copy Paste. Tetapi, kalau kamu tidak mau jadi mahasiwa biasa saja, pastikan kamu tidak hanya berpikir bagaimana tugas itu selesai, tapi pastikan kamu akan mendapatkan ilmu apa ketika kamu mengerjakan tugas mu. Tentu berarti kamu harus mengerjakan tugas tanpa menunda-nunda jadi ada waktu bagimu untuk mengerjakan tugas sambil memahami materi dari tugasmu, sehingga ilmumu akan bertambah dan bahkan mendapatkan ilmu baru.
Coba saja ketika kamu mengerjakan tugasmu tanpa menunda-nunda, kemudian kamu memperbanyak referensi dalam pengerjaan tugas semisal di perpustakaan, tugasmu akan rampung dan kamu akan dapat ilmu dari tugasmu itu.
Selain itu pada saat mengerjakan tugas ataupun ujian jangan mencontek. Memang sekarang stigma bahwa nilai bagus berarti pintar masih menjadi patokan umum, tetapi bukan berarti kita harus menghalalkan segala cara demi mendapat nilai bagus. Pastikan menjunjung tinggi kejujuran karena ketika kamu sudah belajar dengan sungguh-sungguh tentu hasil akan mengikuti usaha, selain itu nilai yang kamu dapatkan dengan usaha sendiri akan membuatmu lebih puas.

Jalani Masa Kuliah dengan Penuh Tanggung Jawab
Menjadi mahasiswa yang penuh tanggung jawab  sumber foto : www.collegeincolorado.org

Jangan kuliah karena kamu takut atas apa yang dipikirkan oleh orang lain terhadap dirimu.
Kuliah dengan ketakutan karena orang lain, semisal tekanan orang tua, karena takut dibilang nganggur, karena gengsi dan lain-lain. Jalani masa perkuliahan dengan rasa tanggung jawab dan karena memang ini memang kamu butuhkan untuk menunjang masa depan mu. Milikilah mindset  utnuk memotivasi bahwa kamu kuliah karena memang untuk kebaikan dirimu selain itu motivasi untuk membanggakan kedua orang tua mu, motivasi agar mendapatkan pekerjaan yang layak, agar mendapatkan pengetahuan yang lebih dan juga agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena dalam agama Allah juga menyukai orang yang berilmu Allah Swt telah menjanjikan derajat itu di dalam Surat Mujadilah/58 ayat 11,

يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَـٰتٍ۬‌ۚ
“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.



0 Response to "Menjadi Mahasiswa Anti Mainstream"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel