Apa itu begal dan apa itu Klitih?


Ilustrasi begal ardigk.com dengan pedang kayu
Sebenarnya apa sih begal itu?? Apakah salah satu daerah yang berbatasan dengan brebes jawa tengah? Bukan itu tegal. Hehe

Jadi begal adalah salah satu tindakan kriminal seperti “perampasan , pemerasan , perampokan, jambret, dan lain semacamnya yang merugikan orang lain dan memaksa. Sudah banyak kasus yang terjadi tidak hanya di daerah kota saja tetapi sampai di daerah desa, dan yang lebih ekstreme lagi begal sudah tidak pandang bulu baik siang maupun malam sepi maupun di keramaian.

Nah, lalu mungkin kalau orang jogja dan mungkin selain jogja juga, banyak yang menanyakan apa bedanya begal dengan klitih?? Kalau menurut pandangan Ardigk.com sendiri keduanya sama-sama tindakan criminal, tetapi yang membedakan maksud dan tujuannya. Menurut mas Dimas Putu Atmaja yang dimuat di www.kompasiana.com Klitih adalah salah satu bentuk anrkisme remaja yang sekarang sedang marak di Yogyakarta. Klitih identik dengan segerombolan para remaja yang ingin melukai atau melumpuhkan lawannya dengan kekerasan. Ironisnya klitih juga sering kali melukai lawannya dengan benda-benda tajam seperti: pisau, gir, pedang samurai, dll.

Menurut ardigk.com sendiri berdasarkan pandangan pribadi ya, kalau begal itu bertujuan untuk merampas barang mirik orang lain secara paksa dan sedangkan klitih pada awalnya hanya untuk bertujuan untuk melakukan serangan oleh kelompoknya ke kelompok lainnya, namun kalau sekarang ini Klitih malah kebanyakan hanya sebagai anjang unjuk gigi menurut ardigk.com. Bagaimana tidak, pernah suatu ketika baca berita ada penyerangan oleh anak SMP mengendarai motor menyabet pengendara motor lain yang juga masih sama pelajar dengan senjata tajam, setelah tertangkap mereka mengatakan menyabet korban tanpa alasan, mungkin iseng, wah po ra yo edan kui??
Sumber Foto FB Info Cegatan Jogja
Bisa dikatakan tapi ya sekali ini menurut ardigk.com ya. Kedua tindakan criminal dikarenakan dua hal yang berbeda, kalau begal bisa jadi karena alasan ekonomi sedangkan kalau klitih karena alasan solidaritas kelompok yang salah, bisa jadi alasan karena kepuasan tersendiri menyebar terror,atau mungkin bahkan bisa sampai tanpa alasan.

Klitih sendiri menurut saya sangat disayangkan karena pelakunya mayoritas adalah anak muda, bahkan bisa dikatakan masih bocah. Kenapa? Karena ada juga yang masih SMP dimana usia tersebut masih sangat labil, dipenuhi ajang pencarian jati diri, meminta pengakuan orang lain. Bisa lihat di berita ini.
Klitih ditangkap di Yogyakarta sumber : http://roda2blog.com
Kebanyakan klitih banyak melakukan aksinya sambil berkendara motor, dan melukai sasaran dengan senjata tajam. Bahkan aksi klitih ini sempat diidentikan dengan motor trail. Entahlah mungkin para pelaku memilih menggunakan motor trail karena lebih lincah untuk melakukan aksinya, seperti RX-King dijamannya.

Last, untuk menghindari korban begal sebaiknya jika harus berkendara, atau keluar pada malam hari lebih baik bersama dengan rombongan dan tidak memakai perhiasan yang mencolok. Juga untuk generasi muda gunakan waktumu unutk lebih produktif, loyalitas terhadap hal yang salah tidak bisa dianggap sesuatu yang membanggakan, tapi malah akan merusak masa depanmu.

2 Responses to "Apa itu begal dan apa itu Klitih?"

  1. Foto paling atas, liat pertama kali trus inget uang sribuan. hehehe. Patimura...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiahaha Memang itu sengaja menirukan bro.. hehe

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel