Pengangguran Sarjana? Kiat agar Kamu tidak Stres Mengalami masa Post Graduate Stress Disorder


Jangan Marah terlebih dahulu bagi kamu yang merasakan hal ini, tapi lebih baik untuk berbenah diri. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Pengangguran malah di dominasi dari kaum terpelajar alias yang sudah bertitel sarjana dan diploma. Pada tahun 2016 berdasarkan data BPS 900rb an mahasiswa LULUS, Di sisi lain, tercatat 249,362 pengangguran lulusan akademi/diploma serta 695,304 pengangguran lulusan universitas berdasarkan data BPS tahun 2016.

Tapi dengan hal ini lantas apakah akan membuatmu malas lanjut kuliah bagi yang belum dan yang sudah kuliah malas untuk menyelesaikan? Jangan gitu SOB..

Ada kondisi yang disebut dengan istilah Post-Graduate Stress Disorder. Kondisi ini wajar dialami oleh para lulusan yang masih pengangguran. Menyaksikan teman-teman seperjuangan sudah mulai beranjak ke fase kehidupan selanjutnya yaitu sudah bekerja atau berbisnis, menimbulkan tekanan tersendiri bagi seseorang. Perasaan bersalah dan juga perilaku menyalahkan diri sendiri ini mulai muncul karena tidak bisa sama dengan teman-temannya padahal harus disadari tiap orang punya fase sendiri. Tapi fase itu sekali memang dianggap wajar, apalagi teman tersebut adalah teman seperjuangan.

Sebenarnya banyak hal yang bisa kamu lakukan sebelum lulus atau sebelum di cap sarjana pengangguran, dari mulai semisal apabila kamu suka menulis kamu bisa cari project kecil-kecilan sebagai freelance, banyak platform freelance yang bisa kamu manfaatkan seperti projects.co.id. Apabila kamu suka membuat video kamu bisa menjadi youtuber yang tak dipungkiri ini juga sudah menjamur.

Ardigk.com pun dulu pernah mengalami masa menganggur tapi alhamdulillah, ardigk.com dapat memanfaatkan dengan baik waktu yang kosong untuk berolah raga, naik gunung, berlatih bela diri sebanyak mungkin. Lalu, bagaimana cara mengatasinya syndrome post graduation? Cara terbaik adalah dengan menepis tekanan dari dalam diri sendiri. Antara lain :

Belajar Agama



Nah, ini yang paling utama, mungkin ini masuk ke ranah privat masing-masing. Bagi kamu yang muslim waktu menunggu pekerjaan sangat bagus untuk dirimu meng-upgrade agar kamu semakin mendekatkan diri dengan Allah Subhanahu Wata’ala. Agama itu sangat penting karena agamamu lah yang akan menjadi penolong ketika kamu berada dalam fase terbawah hidupmu. Kamu bisa belajar membaca Alquran agar lebih mahir dan baik, selain waktu lebih bermanfaat tentu kamu akan menambah amalan mu di dunia.

Mempertajam skill

Selagi kamu masih mengganggur dan menginginkan sebuah pekerjaan di perusahaan yang bonafit, kamu akan lebih banyak memiliki waktu luang untuk belajar suatu hal. Tentu hal ini akan berdampak positif semisal ada panggilan kerja untuk tes kamu jadi lebih siap lagi. Atau mungkin kamu yang bermimpi menjadi pengusaha, kamu bisa mulai untuk mengikuti seminar-seminar kewirausahaan dan belajar berwirausaha, bisa jadi kamu akan memiliki ide untuk mendirikan start up dan akan sukses. Who Knows?

Baca juga : Tips Agar Anak Muda bisa Ciptakan Ide Bisnis dan Menjalankannya

Fokus Menambah Kondisi Kebugaran

Kamu belum bekerja? Tentu semakin banyak waktu luang yang kamu miliki untuk meng-upgrade fisik mu. Apakah ini penting? Jelas banget bro, because perusahaan bonafit pasti ada tes kesehatan, nah dengan waktu luang yang kamu miliki semakin banyak kesempatan mu untuk mempersiapkan kondisi fisikmu agar makin prima, dan ini adalah tips yang hampir ardigk.com lakukan setiap hari selama menganggur.

Baca Juga : Tips Olahraga Ringan buat Kamu yang selalu Sibuk

Making Life Plans

Manfaatkan waktu luang untuk memikirkan dengan matang apa yang mau kamu lakukan setelah ini, Ketika kamu sudah mengetahui apa yang hendak kamu lakukan atau apa yang menjadi impianmu, rencanakan dan berikhtiarlah. Mungkin salah satu faktor kegagalanmu selama ini adalah perencanaan yang kurang matang terhadap suatu target yang kamu inginkan.

Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Wah, ini salah kaprah bro? Pikiran kita bisa menjadi boomerang bagi diri sendiri. Banyak kasus yang sudah terjadi bahwa stres bias karena pikirannya sendiri. Ini mungkin juga terjadi padamu, pada kita, yang berpikir bahwa kita tidak lebih baik dari teman-teman seperjuangan hanya karena kita belum mendapatkan pekerjaan. Ingatlah, setiap dari kita memiliki fase masing-masing. Membandingkan dirimu dengan yang lain sama saja bahwa kamu tidak mensyukuri apa yang kamu miliki saat ini, yang ada kamu hanya kecewa dan kecewa.

Baca juga : Bersyukur tidak Perlu Iri dengan Kehidupan Orang Lain

Nah, ardigk.com berharap setelah kalian yang merasa dianggap Pengangguran Sarjana lebih baik kamu melakukan hal yang positif, daripada kamu hanya sibuk bersedih. Semoga bermanfaat.

dikembangkan dari isigood.com

0 Response to "Pengangguran Sarjana? Kiat agar Kamu tidak Stres Mengalami masa Post Graduate Stress Disorder"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel