Apa itu Dompet Digital? Era Digital Jaman Now

Tim P. Whitby via Getty Images                 

Ardigk.com - Apa itu Dompet Digital?

Oke, jadi Anda sudah memikirkan ide dari teknologi Blockchain yang sedang berkembang dan Anda cukup mengerti apa itu cryptocurrency, sekarang ke langkah berikutnya - apa semua ini berbicara tentang 'dompet digital'?

Meskipun itu bisa menjadi tugas yang cukup sulit untuk mendapatkan kepala Anda di sekitar semua konsep-konsep baru ini, kami berjanji jauh lebih mudah untuk berdamai dengan apa dompet digital sebenarnya - itu benar-benar sesederhana kedengarannya.

Dompet Digital ???

Pikirkan dompet Anda saat ini dan bagaimana cara kerjanya. Anda memiliki akses ke koin dan catatan fisik Anda, yang dikenal dalam istilah keuangan sebagai mata uang fiat, dan Anda dapat memasukkan semuanya ke dalam dompet Anda di mana Anda dapat melacak berapa banyak yang Anda miliki dan menyimpannya selama yang Anda suka.

Menurut Lachlan Feeney, perwira teknologi senior dan pengembang blockchain di Civic Ledger, perusahaan yang menggunakan sistem blockchain untuk memecahkan masalah sektor publik, konsep dompet digital bekerja dengan cara yang persis sama - kecuali uang yang Anda simpan, cryptocurrency, didigitalkan ke dalam pengkodean online seperti teknologi di balik dompet Anda.

"Dalam bentuk yang paling sederhana, dompet digital hanyalah sebuah aplikasi yang menyimpan atau menyimpan mata uang kripto Anda," katanya seperti dikutip dari HuffPost Australia.

"Ini dapat sesederhana aplikasi yang Anda unduh di ponsel Anda seperti seseorang dapat mengunduh aplikasi Commbank untuk mendapatkan akses ke akun transaksi Commonwealth Bank mereka.

"Anda dapat mengunduh aplikasi di ponsel Anda yang bisa menjadi dompet Bitcoin dan Anda dapat mengirim bitcoin ke dompet itu. Mereka hanya sekadar cara untuk mempertahankan cryptocurrency Anda."
Getty Images/iStockphoto                     
Pada dasarnya, itu membuat dompet digital berdasarkan ide yang sama dengan aplikasi mobile banking online saat ini yang tersedia untuk menampilkan dana yang telah Anda simpan dengan bank.
Satu-satunya perbedaan? Dompet digital biasanya tidak berurusan dengan mata uang nasional hukum saat ini yaitu Dolar Australia karena mereka digunakan untuk menyimpan cryptocurrency seperti Bitcoin, dan mereka juga tidak memerlukan bank untuk beroperasi karena mereka dibangun di atas teknologi blockchain.

Apa itu Blockchain, Lagi?

Dalam istilah teknis, blockchain adalah peer-to-peer desentralisasi, basis data terdistribusi yang dikenal sebagai 'buku digital' yang digunakan untuk mendemokratisasi pengelolaan catatan dan transfer objek secara online - yang paling populer saat ini adalah uang - - dari satu orang atau kelompok ke orang lain. Ini terdiri dari entri permanen yang dikenal sebagai 'blok' yang semuanya terhubung, dipantau publik dan tidak dapat diubah.

Jadi apa sebenarnya artinya itu?
Ini berarti teknologi yang ditujukan untuk menyederhanakan transaksi keuangan bernilai - yang dapat berupa apa saja mulai dari uang hingga hak atas tanah hingga royalti musik dan informasi identitas - antara orang ke orang tanpa gangguan pihak ketiga, seperti bank, pemerintah atau layanan streaming atau hosting.

Kerangka kerja teknologi sebenarnya di balik blockchain sangat kompleks, namun sisi positifnya adalah - semua 'baut dan baut' yang sangat teknis dan rumit dari proses blockchain terjadi di belakang layar.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak, kami telah merangkum semua informasi yang benar-benar menarik yang perlu Anda ketahui, di sini.

Bagaimana Cara Kerja Dompet Digital?

Namun, jika Anda tertarik dengan cara kerja back-end dari dompet digital, kami siap menjaminnya.
Seperti dengan apa pun yang dibangun pada teknologi blockchain, dompet digital datang dengan kunci publik dan pribadi. Mereka pada dasarnya adalah alamat digital dari dompet Anda dan kata sandi untuk masuk ke dalamnya.

Jadi, jika Anda membayangkan dompet fisik Anda sekali lagi - fakta bahwa Anda dan orang lain di sekitar Anda, atau dalam jaringan blockchain jika kita berbicara secara digital, dapat melihat keberadaan dompet itu pada dasarnya adalah tujuan dari kunci publik Anda. .

Ketika datang ke kunci pribadi Anda, yang berfungsi sebagai kode digital unik yang hanya Anda miliki akses untuk membuka kunci apa yang pada dasarnya menjadi gembok besar di depan dompet fisik Anda - kecuali semua ini terjadi dalam mekanisme di belakang aplikasi atau layanan dompet seluler mana yang Anda pilih untuk digunakan dan Anda tidak pernah benar-benar melihat proses di tempat kerja.

"Apa yang terjadi adalah Anda tidak akan pernah melihat kunci privat karena orang atau organisasi yang membuat dompet itu memegang kunci privat [dalam sistem aplikasi]," kata Feeney.

"Ada dompet canggih yang dapat Anda unduh ke komputer di mana Anda akan menjadi satu-satunya yang memegang kunci privat."

Adakah Kekhawatiran?
Menurut Emma Poposka, CEO perusahaan manajemen mata uang digital BronTech, pilihan terakhir antara dompet aplikasi seluler atau program lanjutan menentukan secara tepat di mana kunci pribadi Anda dicatat dan mewakili salah satu masalah utama untuk teknologi blockchain dan dompet digital.
Dengan kata lain, ini semua tentang seberapa aman Anda dapat menyimpan kata sandi Anda.

"[Dompet digital] aman seperti Anda menyimpan kata sandi Anda," katanya seperti dikutip dari HuffPost Australia.

"Ini adalah salah satu masalah terbesar untuk adopsi mainstream. Orang-orang terbiasa kehilangan kata sandi atau kunci mereka. Orang-orang ingin melupakan kata sandi mereka dan meminta bank untuk memberikan kata sandi mereka.

"Anda tidak memiliki pilihan itu dengan kunci pribadi - jika Anda kehilangan mereka, Anda kehilangan uang Anda. Uang itu akan ada di alamat itu tetapi Anda tidak akan dapat mengaksesnya."
Itu membuat keamanan dompet digital Anda sesuai dengan kebijaksanaan Anda - apakah itu Anda memihak dengan aplikasi seluler yang terhubung ke sistem yang menyimpan kunci pribadi Anda, atau Anda menaruh kepercayaan pada diri sendiri untuk tidak kehilangan kode Anda.

Meskipun ini Rob Hanson, konsultan riset senior di grup inovasi Data61 CSIRO, mengatakan sifat transparan dari teknologi blockchain menimpa kemungkinan apa pun bagi seseorang yang mungkin memiliki kunci pribadi Anda mengakses dompet digital Anda, mencuri dana Anda dan lolos begitu saja tanpa ada yang tahu .

"Kami dapat mempercayai [blockchain] karena kami dapat melihat semua yang terjadi," katanya.

"Jika saya menghabiskan uang, dan saya memberikannya kepada Anda dengan imbalan jasa atau kebaikan. Kami ingin semua orang tahu bahwa Anda sekarang telah mengambil kepemilikan itu.

"Itulah yang diberikan blockchain kepada kami - Ini adalah buku besar terdistribusi yang memungkinkan semua orang melihat tindakan itu"

Bisakah Anda Hanya Menyimpan Uang Dalam Dompet Digital?

Inilah hal yang hebat: karena segala sesuatu yang dimasukkan ke dalam sistem blockchain - apakah itu uang atau sumber informasi - diterjemahkan ke dalam kode digital, dompet digital dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan untuk hampir semua hal yang telah didigitalkan.

Menurut Hanson, salah satu bagian penting dari informasi yang dapat disimpan oleh dompet digital adalah identitas Anda itu sendiri (dengan kata lain, dokumen identifikasi Anda, informasi paspor dan rincian visa).

"Dompet digital pada dasarnya adalah wadah tempat Anda menyimpan aset informasi," katanya.
"Aset informasi dapat menjadi token nilai sesuai cryptocurrency atau mereka dapat menjadi crypto-keys (kode digital) yang dapat digunakan untuk cryptocurrency atau untuk pengenal.

"Anda dapat menyimpan pengenal [dan] kita bisa mulai menyimpan identitas digital juga."
Dan jika itu tidak cukup untuk dompet digital menjadi langkah pertama dalam mengubah dunia seperti yang kita tahu - kami tidak yakin apa itu.

0 Response to "Apa itu Dompet Digital? Era Digital Jaman Now"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel