Indikator Utama SEO 2019

SEO 2019

ArdiGK.com – Sebelum kita mengenal lebih jauh cara optimasi SEO ada baiknya kita perlu memahami terlebih dahulu factor atau indicator apa saja yang mempengaruhi kualitas SEO. Mengapa begitu? Karena SEO akan terus berubah mengikuti update algoritma dari Google. 

Google menggunakan berbagai macam indicator untuk menentukan halaman website/blog mana yang paling layak di posisi teratas dan di halaman pertama. Indicator-indikator ini berfungsi untuk menilai semua halaman website atau blog yang sudah terindeks Google dan menentukan posisi di hasil search engine khususnya Google. Lalu apa saja indikatornya? Cek dis out.

A. Struktur URL

struktur URL yang sederhana

Struktur URL yang dikategorikan baik oleh mesin pencari akan memudahkan bagi mesin pencari untuk mengenali website anda dan topik utama yang kamu bahas dalam website atau blogmu.

Sebaiknya buatkah struktur URL yang sederhana, cukup ada nama domain dan judul artikel. Contohnya adalah semisal www.ardigk.com/judulartikel 

B. Keamanan Domain

Keamanan Domain
Domain Security merupakan hal yang cukup krusial dalam dunia maya. Internet user harus berhati-hati dalam memberikan informasi-informasi pribadi kepada website untuk menghindari penyelewengan dan penyalahgunaan informasi pribadi.

Untuk mengatasi problem diatas, Google lebih mengarahkan pencarian pada websie/blog dengan security yang baik. Sejak tahun 2014, Google mulai memprioritaskan website/blog yang level security domainnya dinilai baik. Keamanan domain yang bagus bisa dilihat dari kepemilikan SSL(HTTPS) di domainnya.

Selain itu, mulai tahun 2017 Google Chrome mulai menerpakan kebijakan jika sebuah website yang hanya menggunakan HTTP dianggap website yang tidak aman untuk menyerahkan sebuah informasi pribadi, misalnya alamat rumah, rekening, email dll. Nah buat temen-teman jika domainnya masih menggunakan HTTP, it’s time to merubahnya menjadi ke HTTPS.

C. Topik Konten 

Topik Konten

Pada poin sebelumnya sudah ada penjelasan sedikit mengenai tentang struktur website yang baik. Anda harus memiliki beberapa topik utama yang ada saling berhubungan untuk membangun sebuah struktur website yang baik. 

Setelah menentukan beberapa topik utama untuk website/blog, kamu perlu membuat konten mengenai topik-topik tersebut yang tentunya konten harus berkualitas. Semakin banyak konten yang mebahas sebuah topik tertentu, tentu semakin besar kemungkinan untuk sebuah artikel muncul di halama pertama dan pada top list hasil search engine.

Misalnya, Anda membuat blog otomotif dengan salah satu topik utamanya adalah review motor . Jika blog Anda memiliki 20 artikel yang membahas hal tersebut, kemungkinannya untuk berada di posisi teratas hasil pencarian Google lebih besar dibanding blog dengan 3 konten yang membahas topik serupa.

D. Search Intent

Search Intent

Artinya adalah maksud pencarian, nah ini bisa diartikan apa yang diinginkan oleh kebanyakan pencari terhadap satu kata keyword tertentu. Satu keyword bisa jadi banyak tafsir atau diartikan bisa untuk dua hal atau bahkan lebih yang berbeda.

Misalnya, ketika memasukkan kata kunci “Stand By Me”, halaman teratas di hasil pencarian Google adalah lagu yang berjudul stand by me, bukan halaman yang membahas film Stand By Me.

Lalu kenapa bisa seperti itu? Bisa dikatakan kebanyakan netizen mengetik keyword itu untuk pencarian karena mencari lagu tersebut. Akhirnya Google mengutamakan halaman website yang sesuai dengan search intent mayoritas pengguna internet.

Jadi sebelum membuat content atau artikel pastikan kamu menyesuaikan search intent pengguna terlebih dahulu. Artikel atau konten yang tidak sesuai dengan search intent kecil kemungkinan sangat kecil untuk mendapatkan posisi tinggi di hasil pencarian. 

E. Struktur Konten 

Struktur Konten

Ketika konten atau artikel yang sudah sesuai dengan keinginan para pencari saja ternyata juga belum cukup. Kamu harus membuat konten yang terstruktur dan mudah dimengerti oleh para netizen. 

Caranya adalah dengan menggunakan heading, subheading, minor heading dll untuk poin-poin paling penting dalam konten. Sebagai tambahannya bisa ditambahak ilustrasi, infografik atau bahkan video untuk membantu reader memahami artikel atau konten anda.

Reader akan menghabiskan waktu lebih lama di website atau blog jika mereka menyukai kontenmu. Semakin lama waktu para netizen di blogmu alias bounce rate mu rendah maka kemungkinan konten atau artikel mu akan mendapatkan rangking tinggi di hasil pencarian.

F. Meta Tags

Meta tags membantu Google

Meta tags membantu Google untuk memahami seluruh konten atau artikel yang ada di sebuah website atau blog. 

Pertama, title tag adalah judul artikel Anda yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak boleh terlalu panjang karena Google akan memotongnya dan disesuaikan dengan
standarnya. Kedua, meta description adalah teks singkat yang menjelaskan tentang konten Anda di hasil pencarian.

Teks ini terletak tepat di bawah judul dan URL artikel. Meta description biasanya terdiri dari 120 sampai 130 karakter. (Source: Niagahoster.co.id)

G. Backlink

Fungsi Backlink

Backlink atau sering disebut external link atau inbound link adalah link yang terpasang di website/blog lain yang mengarahkan ke halaman blog/websitemu. Meski sering disebut cara lama Baclink masih menjadi factor penting untuk SEO.

Semakin banyak backlink mengarah ke websitemu, Google akan menganggap websitemu memiliki kredibilitas tinggi. Tetapi tentunya backlink itu juga harus berasal dari website atau blog yang berkualitas juga bukan yang abal-abal atau website spesialis sebar spam hoax.

H. Website Speed

Kecepatan Website Penting

Faktor ini sangat penting juga, karena kecepatan loading website memegang peranan penting untuk kualitas SEOmu. Google sudah menjadikan page speed sebagai salah satu indicator sejak 2010, meski pada saat awal-awal dibuat hanyalah berfokus pada kecepatan loading di perangkat desktop saja.

Pada tahun 2018, seiring berkembangnya zaman dimana hampir semua orang lebih melakukan browsing internet dengan mobile. Jika website atau blog kecepatannya baik di desktop ataupun mobile makan penilaian Google bisa menempatkan peringkat tinggi di Google.

Last, factor-faktor diatas tentu bisa berubah kapan saja mengikuti perkembangan algoritma Google yang pasti akan selalu berubah. Jadi kamu perlu selalu stay up to date mengikuti perkembangan yang dirilis Google agar bisa menyesuaikan Komponen SEO dengan Algoritma terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Indikator Utama SEO 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel