Tidak Perlu Bermimpi Muluk-Muluk, Jadi PNS Lebih Baik?

Menjadi CPNS

ArdiGK.com - Mungkin terkesan tulisan ini dianggap merendahkan pekerjaan PNS tetapi hal ini tidak tepat sama sekali, semoga sih dibaca sampai selesai biar tidak salah paham. Saat ini kita sudah memasuki era jaman yang sangat modern dimana semua kegiatan kita tidak bisa dipisahkan dengan Namanya tekhnologi. Mulai dari alat komunikasi yang tidak pernah kita lepaskan dari genggaman, masuk ke toilet ada lampu otomatis, belanja online sudah menjadi andalan generasi jaman sekarang dan masih banyak lainnya. 

Sebagai generasi penerus tentu kita diwajibkan agar selalu bisa mengikuti perkembangan yang ada, dan apabila tidak bisa mengikuti maka generasi-generasi terkini akan terdepak oleh keadaan. Sekarangpun mulai muncul banyak sekali tipikal pekerjaan yang benar-benar out of the box jika dibandingkan pekerjaan jaman dulu. Generasi jaman now atau yang lebih dikenal dengan Milenial dapat dikatakan sekarang lebih menyukai tipe pekerjaan yang tetap mendukung dunia rebahan mereka, pekerjaan yang tidak monoton juga tidak terlalu terikat adalah idaman milenial jaman now.

Tapi apakah hal tersebut sudah sejalan dengan keadaan sekarang? Saya yakin saat ini masih banyak generasi milenial yang masih terbelenggu dengan keinginan orang tua mereka mengenai cita-cita mereka. Terutama bagi anak generasi 90-an dimana mereka masih berada di rentang peralihan zona teknologi yang jomplang dalam artian orang tua mereka.

Orang tua para generasi milenial masih menganggap menjadi ASN adalah sebuah pekerjaan yang terpandang, padahal anak-anak mereka kadang sudah males bahkan untuk tahap mendaftar saja. Parahnya lagi bahkan ada orang tua yang sampai memaksa anaknya untuk menjadi ASN. Parahnya bisa jadi sampai berujung pertengkaran dengan orang tua.

Beberapa orang tua masih belum terbuka dengan tipikal pekerjaan jaman now. Bahkan belum mengetahui skill yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi era jaman sekarang. Beberapa tahun kedepan bisa jadi pekerjaan idaman orang tua jaman dulu akan segera tergantikan dengan robot dan AI, dimana sekarang sedang digembor-gemborkan hampir disetiap lini.

Beberapa teman saya juga mengalami ketika dia sedang berjuang untuk menjadi seorang developer professional dengan segala keterbatasan yang ada. Tetapi orang tuanya sudah selalu mewanti-wanti untuk segera mendaftar CPNS dikarenakan agar adanya kepastian gaji setiap bulannya dan kepastian jaminan di hari tua nanti.

Sebenarnya menjadi seorang ASN bukanlah sesuatu yang buruk tetapi dengan catatan itu merupakan kemauan orang itu sendiri. Jika sekarang seseorang bercita-cita atau memiliki passion untuk menjadi seorang programmer, menjadi seorang developer ulung, front end atau back end developer dan sejenisnya tetapi ketika dalam prosesnya saja orang tua tidak mendukung bahkan selalu menginginkan anaknya menjadi ASN, buat apa kalimat motivasi “Raihlah cita-cita mu setinggi langit.

Contoh lain jutaan orang mungkin tidak menyadari bermain game yang dianggap wasting time pun saat ini bisa menjadi lading pekerjaan. Sudah banyak contohnya yang mereka masih muda sudah jadi milliarder hanya karena sebuah game. Dengan ini menunjukan sebagai orang tua haruslah membantu anak-anak mereka mampu think out of the box dalam menghadapi masa depan.

Lalu kira-kira kapan kah pandangan kolot orang tua jaman dahulu masih akan bertahan?

Jawabnya ada diujung langit mungkin. Tidak, jawabannya adalah kalau generasi sekarang sudah menjadi orang tua nanti. Tentu jika generasi sekarang mulai perlahan diajarkan untuk mulai berpikir luas bahwa pekerjaan tidak hanya tipikal konvensional seperti jaman dahulu kala. Sekarang mulai banyak generasi muda yang menyukai tipikal pekerjaan yang bebas tak terikat waktu, atau Bahasa kerennya sekarang bekerja freelance. 

Mungkin sulit untuk memulai dan mendapatkan proyek pertama. Tetapi itulah pentingnya berpikiran luas, dimana untuk berkecimpung dengan freelance haruslah mempersiapkan dengan baik skill yang dimiliki, asah terus kemampuan yang sudah ada. Jika perlu belajar terus menerus hingga menjadi professional, sehingga job akan selalu ada. 

Nah, sekarang setiap pilihan ada di tangan kita masing-masing, mau mengikuti cita-cita pribadi atau mengikuti cita-cita orang tua. Semuanya tidak ada yang salah yang jelas kita harus siap dan berkonsekuensi dengan setiap pilihan yang kita lakukan. Lebih baik sudah mencoba lalu berhasil daripada gagal karena tidak mencoba.                                                   

Belum ada Komentar untuk "Tidak Perlu Bermimpi Muluk-Muluk, Jadi PNS Lebih Baik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel